BERBAGI

Seorang Pengusaha harus bisa membuat karyawan semangat kerja. Ini agar kinerja karyawan terus meningkat dari waktu ke waktu. Dalam article kali ini kita akan membahas bagaimana caranya, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa untuk di jadikan panduan :

1. Jaga kenyamanan dan ketenteraman di lingkungan tempat kerja.

Caranya seorang Pemimpin atau Pengusaha harus mampu menciptakan tempat kerja atau kantor yang nyaman, baik sarana maupun prasarana, sehingga karyawan akan betah kerja, semangat dan bergairah,  maka dengan sendirinya dari kerja yang semangat tadi, hasil akan maksimal atau meningkat.

2. Pengusaha harus simpatik atau luwes

Langkah kedua seorang Pemimpin atau Pengusaha harus simpatik atau luwes baik tingkah laku, ucapan maupun perbuatan terhadap bawahan,  maupun karyawan lainnya  apalagi ditambah murah senyum sehingga karyawan makin betah dan semangat punya pemimpin yang ramah dan murah senyum.

3. Gaji harus sesuai jabatan dan porsi

Memberikan upah atau gaji sesuai dengan porsi, jabatan atau tugas karyawan tergantung tanggung jawab, jenis pekerjaan, resiko pekerjaan dan banyaknya waktu artinya waktu yang melampaui batas kerja atau lembur juga harus diperhitungkan oleh pemimpin atau pengusaha, sehingga karyawan atau bawahan akan semakin bergairah dan semangat.

4. Berikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi

Selalu memberi pujian dan penghargaan bagi karyawan yang berprestasi,  dan memberi tahu dengan halus atau menegur dengan sopan dan ramah untuk karyawan yang belum menunjukan prestasi, kalau bisa diberikan arahan dan suport, dengan cara yang tidak menyinggung perasaan karyawan yang belum menunjukan prestasi tadi. Atau di berikan semangat dengan cara atau konsep apapun agar prestasi karyawan tersebut lama-kelamaan bisa meningkat.

5. Harus ada rapat evaluasi

Rutin rapat baik dua hari atau seminggu sekali sebagai tanda evaluasi dan arahan sebelum mulai kerja di pagi hari dan memberikan semangat kerja kepada karyawan yang belum maksimal kerjanya. Hal ini perlu dilakukan secara rutin sebagai salah satu panduan dan acuan kerja karyawan.

6. Adakan Rekreasi

Sekali – kali ajaklah rekreasi atau tour karyawan setiap tahun sekali atau dua tahun sekali, Atau kalau ada proyek besar yang gol dengan penghasilan yang luar biasa,  agar ada rasa persaudaraan serta hiburan dan semangat kerja sehingga tidak menimbulkan kejenuhan.

Syukur bisa sama-sama dengan keluarga mereka masing-masing supaya makin erat persahabatan dan persaudaraan serta saling mengenal.

Demikian tips cara agar karyawan semangat kerja, Insya Alloh dengan cara ini karyawan akan nyaman kerja dan semangat maka hasil akan menjadi maksimal untuk kemajuan kantor, bisnis dan kesejahteraan karyawan.

Ada istilah  anggaplah kantor dan tempat usaha ini milik bersama maka kembangkan secara bersama-sama.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pemimpin atau pengusaha dan selamat mencoba dengan cara ini.

Semoga usahanya bertambah maju dan berkembang.

Buktikan dan sukses !!!

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY