BERBAGI
Cara memulai bisnis yang cerdas bagi pemula

Dalam memulai bisnis yang cerdas bagi pemula, sebelum buka usaha kita mesti tahu langkah apa pertama yang harus kita jalani. Ini agar terhindar kemungkinan gagal dalam bisnis  . Berikut dibawah ini adalah cara memulai awal bisnis yang cerdas bagi Pemula :

  1. Paham bisnis apa yang mau di jalankan

Dalam memulai bisnis hal pertama kita harus tahu betul bisnis apa yang akan kita jalani, artinya pertama kita harus fokus satu bidang saja dulu. Bidang apa yang mau kita rancang atau jalani yaitu sebagai masukan bidang yang sedang ramai dan banyak diminati.

Setelah kita fokus dalam satu bidang yang mau kita rancang atau kita jalani dan sudah mantap ijin orang tua atau nasehat dari kawan yang sudah pengalaman kemudian cari waktu hari dan tanggal yang tepat bismillah kita bisa mulai.

2. Membuat konsep

Langkah berikutnya kita harus membuat konsep yang jelas secara berurutan dari mulai jangka pendek, menengah maupun jangka panjang karena usaha ini tentunya mau panjang dan terus menerus, sebaiknya tempat adalah prioritas awal setelah bidang usaha apa yang mau kita jalankan sudah jelas. karena tempat yang strategis dan hoki salah satu yang akan membawa kelancaran usahanya nanti.

3. Penerimaan dan penempatan karyawan

Penerimaan dan penempatan karyawan bertahap sesuai kebutuhan artinya langkah awal cukup satu atau dua karyawan serbaguna sebagai staf merangkap yang lainnya dan satu spesialis marketing.

Mengapa demikian salah satunya untuk menekan pengeluaran dalam hal gaji dan operasional. Kalau sudah mulai berkembang dan kelihatan hasilnya dan memang perlu penambahan tenaga kerja baru kita merekrut karyawan lagi sesuai kebutuhan dan seterusnya.

4. Promosi

Marketing atau bagian pemasaran yang sudah pengalaman atau handal sesuai bidangnya, sangat diperlukan untuk mempercepat pemasaran atau pengenalan dalam awal usaha yang sedang anda bangun.

Karena lewat Marketing atau pemasaran inilah kita akan memulai usaha kita, baik usaha apa, kantor dimana, pimpinannya siapa, karyawan bagaimana, pengalamannya apa, marketing inilah kunci untuk menjelaskan ke calon pelanggan atau calon relasi kita nantinya.

5. Semangat dan pantang menyerah

Dan yang paling penting harus sabar rajin serta semangat terus pantang menyerah.

Karena permulaan usaha tidak mudah apa yang dibayangkan karena satu atau dua bulan pertama biasanya masih sepi dan orang atau relasi belum berminat akan tetapi dengan semangat kerja keras, sabar dan rajin doa insya Alloh usaha anda akan berhasil. Jadi kita mesti bersabar dan semangat, jika mulai awal usaha seperti yang tertuang diatas.

Demikian 5 cara dalam memulai bisnis yang cerdas bagi pemula yang penting untuk di lakukan.

Selamat mencoba semoga cara ini dapat membantu awal permulaan usaha anda !!!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY