BERBAGI
Waktu yang baik untuk sholat duha

Sebagian orang masih bingung kapan sebaiknya sholat duha yang sesuai tuntunan Ulama ? Nah dalam article ini kami akan jelaskan mengenai sholat duha yang benar dan kisaran waktu serta jumlah rokaatnya.

Sebagai panduan kapan sebaiknya sholat duha dilaksanakan ?

Yaitu kisaran waktu sholat dhuha yang baik antara jam 8 pagi sampai jam 11 siang seperti halnya sholat malam yang baik antara jam 1 dinihari sampai jam 3 pagi. Tapi kita fokus pada sholat dhuha yang mau kita bahas di tersebut bawah ini.

Untuk kesempurnaan sholat duha sebaiknya sholat wajib 5 waktu kita penuhi dulu, walaupun tidak ada larangan, sangat kurang pas apabila umpamanya kita kesi angan sampai tidak sholat subuh tapi tiba-tiba kita sholat duha. Memang tidak dilarang untuk sholat duha nya tapi kurang pas karena sholat subuh itu hukumnya wajib tapi ditinggalkan walaupun tidak disengaja, sedangkan sholat duha itu sunah.

Jadi yang baik itu sholat subuh dilaksanakan terlebih dahulu, karena ini wajib syukur bisa jamaah  di masjid atau mushola, baru jam 8 pagi nanti kita sholat duha sebelum kita kerja atau aktivitas yang lainnya untuk mencari nafkah.

Sholat dhuha yang baik itu kisaran waktunya antara jam 8 pagi sampai jam 11 siang dan berapa rokaat sebaiknya?

Walaupun bukan aturan tapi sebaiknya sholat dhuha usahakan 12 rokat, dengan dua salam dua salam artinya kalau 12 rokaat ya nantinya ada 6 salam. Tapi ini bukan keharusan, kurang dari 12 rokaat juga boleh lebih juga tidak dilarang.

Para ulama dan kiyai sepuh biasanya sholat dhuha kisaranya jam 8 sampai jam 11 siang dan bilangannya 12 rokaat dalam 6 salam, jadi tidak ada salahnya yang baik kita ikuti walaupun ini bukan keharusan.

Andaikan kita mau melakukan dua rakaat saja juga boleh, dan empat rakaat juga tidak dilarang, tapi 12 rakaat kebanyakan yang dilakukan oleh para ulama dan Kyai sepuh, untuk itu kita selaku umat Islam yang baik dan taat tidak ada salahnya kita ikuti apa yang sudah dilaksanakan oleh ulama dan Kyai sepuh kita.

Setelah itu kita lanjut wiridan dan doa memohon agar dibukakan dan di mudah kan rezekinya oleh Alloh, serta diberikan rejeki yang banyak  yang halal agar bisa dinikmati oleh istri dan anak cucu kita, dengan rejeki yang halal maka insya Alloh kalau di makan nantinya badan akan sehat jasmani dan rohani.

Amalan lain yang mendatangkan rezeki berlimpah :

Jangan lupa setiap dapat rejeki sisihkan untuk yang memerlukan, ingat dalam rejeki kita ada hak untuk orang lain yang dititipkan oleh Alloh kepada kita minimal 2,5% maksimal 70% kalau ukuran para ulama dan para kyai sepuh. Kalau kita sudah mengeluarkan 30% itu sudah lebih dari cukup dan sekali lagi minimal 2,5% jangan sampai tidak dikeluarkan itu hak orang lain.

Karena walaupun tidak ada sanksi dunia tapi di akhirat kelak dipertanyakan, sebagai orang yang taat dan beriman sebaiknya jangan ditunda, setiap dapat rejeki kita langsung keluarkan hak orang lain yang dititipkan Alloh kepada kita minimal 2,5%.

Dengan demikian rejeki yang kita makan halal karena sebelum kerja dan usaha lainnya kita mohon dan doa lewat sholat duha, serta telah dikeluarkannya langsung hak untuk orang lain yang dititipkan lewat kita minimal 2,5% tadi, maka anak keturunan yang makan dari uang halal tadi kita bebas dari penyakit dan insya Alloh akan sehat, selamat dunia akhirat.

Demikian sekilas panduan mengenai sholat duha, waktu dan jumlah rakaat nya semoga bermanfaat dan selamat mencoba, insya Alloh kita akan barok ah banyak rejeki yang halal dan selamat dunia akhirat Amin amin ya robbal alamin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY